0813 10003 3103
0813 10003 3103
Jumlah = pcs
Keranjang

Pola Makan Untuk Kulit Kering

Kamis, September 24th 2015.

Perawatan kulit keringJika anda memiliki kulit kering, pastinya anda tahu bahwa lotion dan pelembab adalah hal penting yang harus anda miliki. Namun dapatkah makanan mengatasi kulit kering, gatal dan bersisik?

“Bagian yang paling penting dari masalah kulit adalah lipid, seperti fosfolipid, asam lemak bebas, kolesterol, dan seramida,” kata Amy Newburger, MD, seorang dokter yang bertugas di Departemen Dermatologi di St. Luke’s Roosevelt Medical Center. “Kulit tanpa cukup lemak didalamnya memiliki dominasi protein dan sedikit berantakan seperti dibuat dari ranting tanpa perekat diantara keduanya.” Air mudah keluar melalui penghalang tanpa lemak, sehingga kulit mengalami dehidrasi.

Asam lemak tak jenuh ganda diperlukan untuk memproduksi lipid antara lem dan ranting dalam stratum korneum atau permukaan kulit. Selain itu, asam lemak tak jenuh ganda memiliki efek anti-inflamasi pada kulit yang teriritasi. Dua jenis asam lemak yang penting yaitu omega 3 dan omega 6.

“Makanan yang termasuk tinggi asam lemak omega 3, yakni ikan berlemak seperti salmon, haring, makarel, teri, dan sarden, serta minyak biji rami, telur, dan daging sapi yang diberi makan rumput. Sementara minyak evening primrose dan minyak biji borage yang tinggi omega 6 membantu melembabkan kulit dan mencegah penguapan air,” kata Leslie Baumann, direktur University of Miami Cosmetic Medicine and Research Institute. “Jika anda tidak suka ikan atau sedang hamil dan tidak bisa makan, maka suplemen omega 3 adalah pilihan yang tepat.” Kebanyakan orang Amerika mendapatkan cukup omega 6 melalui jagung dan minyak safflower.

Beberapa studi telah menunjukkan efek positif yang signifikan:

Dalam sebuah studi tahun 2006 dari 50 pasien yang menderita dermatitis atopik, 96 persen dari mereka yang diberikan minyak evening primrose dalam bentuk kapsul selama lima bulan menunjukkan penurunan intensitas, rasa gatal, dan kekeringan pada kulit.

Dalam studi lain, dari 29 pasien usia lanjut, suplemen minyak biji borage dalam bentuk pil membantu mengurangi kehilangan air pada kulit sebanyak 10,8 persen.

Dan dalam studi 118 bayi yang berisiko tinggi terkena dermatitis atopik diberi minyak biji baroge mengalami tingkat keparahan yang lebih rendah.

Sebaliknya, tahun 2006 meta-analisis dari 22 studi yang menguji efek suplementasi asam lemak esensial menemukan bahwa tidak ada manfaat yang signifikan ketika suplemen minyak ikan dan tanaman diberikan pada penderita dermatitis atopik. Tampaknya harus dilakukan studi lebih lanjut sebelum mencapai kesimpulan.
Vitamin dan Mineral untuk Kulit Kering

“Vitamin C diperlukan untuk fungsi enzim yang menyebabkan kolagen terbentuk,” kata Dr Newburger, “dan kolagen berfungsi sebagai spon untuk kelembaban.”

Newburger menambahkan bahwa seng dan tembaga juga sangat penting. Bersama dengan vitamin C, seng dan tembaga menjaga kolagen tetap padat, yang pada akhirnya memungkinkan kulit terhidrasi. “Setiap multivitamin dengan mineral di dalamnya mengandung seng dan tembaga,” kata Newburger. “Seng juga memiliki efek anti-inflamasi yang sangat penting untuk menjaga kulit tetap halus.”

Kafein, Alkohol, dan Kulit Kering

Mengonsumsi kafein tidak akan menyebabkan dehidrasi, kafein membuat pembuluh darah menyempit, itulah sebabnya mengapa kafein digunakan dalam krim mata untuk mengurangi bengkak. “Mengonsumsinya dalam jangka panjang akan mengurangi jumlah aliran darah dan nutrisi,” kata Newburger memperingatkan. “Dan jika anda tidak memiliki peredaran darah yang sehat, anda tidak akan memiliki pergantian sel yang sesuai dengan usia.”

Dalam kasus alkohol, Michele Murphy, seorang ahli gizi bersertifikat di NewYork Presbyterian–Weill Cornell Medical Center, menjelaskan bahwa meskipun diuretik, anda akan mengalami dehidrasi berat. “Rata-rata orang yang makan malamnya ditemani segelas anggur setiap malam dan menjaga asupan air yang cukup tidak mungkin melihat perbedaannya,” katanya. Bertentangan dengan apa yang selama ini orang percayai, minum air dalam jumlah besar tidak akan mempengaruhi kulit. “Air yang kita minum yang diproses secara internal tidak akan mempengaruhi penampilan eksternal atau nuansa kulit,” kata Murphy. Sebaliknya, lapisan luar kulit sangat penting untuk menjaga kelembaban.

Jangan berlebihan

Jika anda sudah menerapkan pola makan seimbang dengan lemak yang cukup, maka menambahkan lemak atau suplemen lebih banyak ke dalam pola makan anda belum tentu akan memperbaiki kulit kering dengan cepat. “Jika anda kekurangan lemak atau vitamin, tentu saja akan mempengaruhi penampilan,” kata Murphy. “Namun melampaui apa yang dibutuhkan tubuh belum terbukti dapat memperbaiki kulit dengan cepat.”

Rp 3.000.000
Rp 3.000.000
best
Rp 2.100.000
Rp (Hubungi CS)
Rp 2.100.000
Rp 3.250.000